Youtap Dukung UMKM Kelola Bisnis On The Go lewat Youtap Pos

Inang Jalaludin Shofihara
Kompas.com - Kamis, 23 Juni 2022
Lewat aplikasi kasir digital Youtap POS, pelaku usaha bisa menerima pembayaran nontunai QRIS, mengelola inventori, menyusun laporan dengan fitur analisa produk, hingga memesan stok. DOK. Humas Youtap Lewat aplikasi kasir digital Youtap POS, pelaku usaha bisa menerima pembayaran nontunai QRIS, mengelola inventori, menyusun laporan dengan fitur analisa produk, hingga memesan stok.

KOMPAS.com – Youtap terus berinovasi dan menghadirkan solusi digital all-in-one untuk membantu meningkatkan pengelolaan usaha dan pembayaran digital di semua lapisan pelaku usaha, mulai dari mikro, kecil, menengah, hingga enterprise besar.

Layanan-layanan itu dikemas dengan mudah dalam Aplikasi Youtap POS yang bisa digunakan di semua tipe perangkat, dari tablet (Android dan iPad) maupun handphone/smartphone (Android dan iOS). 

Selain fitur lengkap untuk kasir digital, pembayaran nontunai Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), pengelolaan inventori dan portal laporan, Youtap POS juga memiliki fitur Pesan dari Hape (PHP) yang membuat mitra Youtap bisa melebarkan layanan dan pasarnya dengan berjualan online.

Pelanggan dari mitra usaha Youtap bisa dengan mudah memesan dan membayar melalui e-menu untuk dine-in, pick-up dan delivery.  

Fitur delivery dilengkapi dengan pilihan logistik terintegrasi, seperti kurir instan, SiCepat, bahkan sistem untuk kurir toko (atau kurir sendiri dari mitra) yang bisa menjadi pendapatan tambahan bagi mitra usaha Youtap.

Baca juga: Pengguna QRIS Melejit, Youtap Jadi POS Nomor Satu Paling Diminati UMKM untuk Terima Pembayaran Nontunai

Bahkan, fitur untuk pemesanan ini juga bisa dilakukan lewat layanan Pesan Mandiri yang perangkatnya bisa disediakan Youtap. 

Pengguna Youtap POS juga bisa memesan berbagai stok kebutuhan melalui layanan Belanja Stok dengan harga yang murah dan gratis ongkos kirim (ongkir).

Berbagai layanan tersebut semakin melengkapi layanan Youtap POS yang bisa menjawab kebutuhan para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Youtap juga sudah menjadi brand nomor satu paling diminati berdasarkan hasil riset independen.

Pentingnya Youtap POS

Data internal Youtap menyebutkan, pandemi Covid-19 menyebabkan 68 persen pelaku usaha mengalami kesulitan. Masalah utama yang dihadapi adalah sepinya pembeli hingga kesulitan mendapatkan stok barang.

Memasuki masa pemulihan pandemi, kondisi UMKM belum sepenuhnya membaik. Namun, ada potensi besar dengan hadirnya berbagai teknologi yang membantu UMKM berkembang.

Baca juga: Dukung Transformasi Digitalisasi Pasar dan UMKM, Youtap Luncurkan Program Ini

Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Christina Agustin mengatakan, data internal pihaknya menemukan bahwa 80 persen UMKM yang terhubung ke ekosistem digital memiliki daya tahan yang lebih baik selama masa pandemi.

Cristina meyakini, transformasi digital UMKM yang semakin berkembang mampu menjadi potensi besar di Asia Tenggara. Dalam hal ini, dia menilai Youtap memiliki peran dalam menggeliatkan transformasi digital untuk membangun ekosistem yang penuh inovasi.

Ia juga berharap, Youtap dapat menjadi kolaborasi untuk memfasilitasi transformasi digital bagi UMKM di Indonesia.

“Saya mengajak agar kita semua mendampingi UMKM di Indonesia dalam upaya melahirkan wirausaha tangguh serta membuat program UMKM buatan dalam negeri yang mampu memasuki pasar global,” katanya dalam acara Youtap bertajuk Ubah Tantangan Jadi Kesempatan, Siapkan UMKM Kekinian, Selasa (21/6/2022).

Bak gayung bersambut, Youtap melalui aplikasi kasir digital Youtap POS menawarkan berbagai solusi untuk mengelola usaha, menerima pembayaran nontunai, berjualan online, membeli stok barang, hingga mendapatkan promosi usaha dan pelatihan-pelatihan UMKM.

Baca juga: Youtap Luncurkan 2 Fitur Baru untuk Berbelanja, Ini Manfaatnya

Dengan satu aplikasi Youtap POS,  mitra usaha Youtap bisa mendapatkan semua kebutuhan dalam menjalankan usaha; mulai dari membeli stok melalui layanan Belanja Stok, mengelola dengan kasir digital Youtap POS, menerima pembayaran QRIS, hingga memiliki sistem pemesanan online dengan sistem logistik terintegrasi melalui PHP dan Pesan Mandiri. 

Dengan aplikasi kasir online, para merchant dapat menjual barang atau menerima pesanan secara online melalui HP dan tablet. Mereka juga bisa menerima pembayaran nontunai via QRIS (e-wallet atau m-banking).

Merchant juga bisa membeli atau melakukan pemesanan stok barang secara online dari supplier yang telah bekerja sama dengan Youtap, yakni Sosro, Best Meat, Sayuran Siap Saji, Rifco, dan BreadLife.

Untuk mendukung pemasaran digital yang dilakukan merchant, aplikasi kasir digital ini juga menyediakan fitur program loyalitas konsumen, mulai dari pemberian promo, diskon, hingga hadiah.

Baca juga: Aplikasi Kasir Digital Klaim Kontribusi Rp 21,6 Triliun ke Perekonomian RI

Fitur-Fitur Terbaik dan Canggih Youtap POS

Berikut adalah fitur-fitur aplikasi kasir digital Youtap POS yang bisa digunakan untuk menunjang penjualan merchant.

1. Interface produk yang mudah dan intuitive

Youtap POS memiliki interface pengelolaan produk yang mudah pelaku usaha bisa membuat sendiri tampilan katalog produk, kategori dan menambahkan detail sesuai kebutuhan.

2. Pembayaran digital nontunai terintegrasi dan multi-acquiring

Pelaku usaha bisa menerima pembayaran digital nontunai terintegrasi di aplikasi Youtap POS.

Fitur ini pun akan memudahkan penjual dan pelanggan ketika bertransaksi. Pelaku usaha dapat menerima pembayaran menggunakan QRIS lewat e-wallet dan m-banking dari bank mana pun.

3. Fitur add-on produk

Pelaku usaha bisa membuat dan menambahkan detail add-on sesuai keinginan pelanggan serta bisa menerapkan harga tambahan sesuai add-on.

Baca juga: Dukung Operasional Bisnis Retail, Berikut 6 Manfaat Aplikasi Kasir Online

4. Fitur open bill

Kelebihan lain dari aplikasi kasir digital ini adalah pelaku usaha bisa mengelola pesanan secara berulang-ulang dari setiap meja pelanggan dengan hanya mencetak struk satu kali.

Selain itu, pencetakan bukti pembayaran atau bill juga sangat mudah, yakni hanya sekali tap dari aplikasi Youtap POS. 

5. Manajemen produk dengan inventori dan harga modal

Pelaku usaha bisa dengan mudah mengelola dan memantau stok barang secara real-time dari mana saja dan kapan saja.

Inventori atau stok yang terintegrasi dengan sistem pemesanan juga memudahkan pelanggan untuk memesan barang yang stoknya tersedia.

Selain itu, pelaku usaha juga bisa mengatur harga modal sehingga bisa lebih mudah menghitung keuntungan.

Baca juga: Pentingnya Aplikasi Kasir Online bagi Pelaku UMKM

6. Menyediakan laporan penjualan usaha

Pelaku usaha mendapatkan laporan penjualan yang tercatat lengkap lewat fitur riwayat transaksi. Dengan adanya fitur analisa pintar, merchant bisa mendapatkan laporan metode pembayaran dan grafik penjualan.

Tak hanya itu, merchant juga bisa menggunakan fitur analisa produk yang untuk mengetahui keunggulan produk sehingga bisa mengembangkan usaha.

7. Penyesuaian harga

Pelaku usaha bisa dengan mudah menerapkan penyesuaian harga tambahan seperti untuk penambahan pajak, biaya layanan, biaya pengiriman, biaya kemasan dan potongan atau diskon untuk pelanggan.

8. Multi perangkat

Aplikasi Youtap POS bisa dioperasikan dengan multi perangkat, baik itu pada tablet maupun HP atau smartphone.

Baca juga: 5 Bisnis yang Bisa Dikembangkan dengan Aplikasi Kasir Pintar

9. E-menu 

Merchant bisa membuat dan membagikan e-menu (QR atau web-link) yang terhubung dengan katalog produk di aplikasi kasir pos Youtap. Proses pemesanan pun lebih mudah dan aman karena dilakukan tanpa bersentuhan.

Selain itu, pelanggan juga lebih mudah melihat daftar menu dari perangkat HP masing-masing dan penjual tidak perlu repot mencetak menu fisik.

10. Fitur order online melalui PHP dengan sistem logistik yang terintegrasi

Youtap melengkapi fitur aplikasi Youtap POS ini dengan fitur Pesan dari Hape (PHP) yang bisa membuat pelaku usaha terkoneksi dengan mudah dengan pelanggannya dan bisa berjualan online.

Aplikasi kini akan memudahkan para pelaku usaha untuk memiliki sistem delivery, take away dan dine-in.

Baca juga: Punya Anggaran Rp 1.481 Triliun, Jokowi Minta Menteri hingga Pemda Belanja Produk UMKM

Youtap POS juga memiliki sistem logisik terintegrasi yang bisa dengan mudah dipilih oleh pelaku usaha, mulai dari kurir instan, kurir same day dan next day, kurir kargo, hingga kurir toko atau kurir sendiri.

Melalui kurir toko atau kurir sendiri, pelaku usaha bisa secara bebas melayani pengiriman ke pelanggan dan juga bisa menerapkan biaya pengiriman baik flat fee maupun per kilometer. Dengan begitu, kurir toko jg bisa menjadi pendapatan tambahan bagi pelaku usaha. 

Youtap Dukung UMKM

Youtap melalui Youtap POS turut mendukung pertumbuhan dan transformasi digital UMKM melalui solusi digital yang hampir semua fiturnya gratis dan mudah didapat.

Chief Executive Officer (CEO) Youtap Herman Suharto mengatakan, kunci utama perwujudan transformasi UMKM menuju UMKM Kekinian membutuhkan pendekatan berbasis ekosistem lewat sinergi dan kolaborasi dari seluruh stakeholder, baik sektor pemerintah, pemegang kebijakan, hingga sektor privat.

Baca juga: KemenKopUKM Gandeng Berbagai Pihak Wujudkan Program Prioritas Koperasi dan UMKM

Youtap Indonesia mendorong terciptanya UMKM kekinian yang juga mendukung lahirnya UMKM Masa Depan yang diinisiasi Kementerian Koperasi dan UKM lewat berbagai inovasi dan teknologi yang kami hadirkan, sehingga target digitalisasi 30 juta UMKM pada 2024 dapat terwujud,” katanya.

Hasil survei dari internal Youtap yang melibatkan 500 pelaku UMKM dan konsumen di Indonesia menyebutkan, sebanyak 45 persen merchant, khususnya usaha mikro, seperti kios makanan atau minuman, food court, dan warung, lebih suka mengakses aplikasi ini dari HP.

Kemudian, sebanyak 55 persen merchant, khususnya usaha menengah hingga besar seperti kafe, restoran, dan kedai kopi, lebih suka mengakses aplikasi melalui tablet.

Hadirnya fitur PHP pun semakin melengkapi fitur-fitur, seperti kasir, pembayaran nontunai menggunakan QRIS, laporan dan pembukuan, analisa penjualan, pengelolaan inventori, menu digital (e-menu), dan lainnya.

Baca juga: Kreativitas dan Inovasi Jadi Kunci, UMKM Solok Antarkan Kopi Solok Radjo Mendunia

“Bahkan, 59 persen yang tinggal di wilayah suburban sudah masuk ekosistem digital. Hal ini membuktikan bahwa penetrasi penggunaan digital telah memasuki berbagai daerah,” ujar Herman.

Hadirnya Youtap POS dalam perangkat HP pun semakin membuat pelaku usaha leluasa, karena mereka bisa memilih berbagai fitur yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan masing-masing. Terlebih, tidak ada perbedaan fitur antara HP maupun tablet.

Salah satu bentuk sinergi dan kolaborasi untuk mendorong adopsi solusi digital di UMKM adalah bagaimana Youtap POS sudah digunakan di banyak mitra dari yang kecil sampai enterprise seperti Sari Roti, produsen roti terbesar di Indonesia.  

Youtap POS dan Sari Roti membantu memodernisasi UMKM melalui pedagang gerobak keliling roti untuk memudahkan pelanggan memesan melalui PHP serta sistem kurir toko dan pembayaran nontunai pada saat pembelian selesai.

Baca juga: Pengguna QRIS Melejit, Youtap Jadi POS Nomor Satu Paling Diminati UMKM untuk Terima Pembayaran Nontunai

Chief Operating Officer PT Nippon Indosari Corpindo Arief Alfanto mengatakan, pihaknya sebagai produsen Sari Roti dan Sari Kue mengapresiasi kehadiran Youtap dalam memodernisasi UMKM Indonesia.

“Teknologi Youtap tidak hanya memberikan kemudahan dari sisi pelanggan, tetapi juga membantu para hawker (sebutan bagi pedagang gerobak keliling Sari Roti) serta proses bisnis dalam ekosistem Sari Roti menjadi lebih efektif, aman, serta efisien,” katanya.

Arief pun berharap, kehadiran Youtap mampu mendorong lebih banyak hadirnya UMKM kekinian yang berdaya karena adopsi digital yang tepat guna.

PenulisInang Jalaludin Shofihara
EditorAmalia Purnama Sari
Terkini Lainnya