Pedagang Kesulitan Dapat Stok Barang untuk Jualan? Ini Solusinya

Dwi Nur Hayati
Kompas.com - Senin, 11 Juli 2022
Belanja stok barang lebih mudah dengan Youtap.DOK. Humas Youtap Belanja stok barang lebih mudah dengan Youtap.

KOMPAS.com – Mengembangkan suatu bisnis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) merupakan hal yang tidak mudah, terutama selama masa pemulihan pandemi Covid-19.

Pasalnya, selama pandemi, muncul berbagai masalah yang dihadapi para pebisnis, salah satunya kesulitan mendapatkan stok barang atau belanja stok usaha mereka.

Melansir Kompas.id, Rabu (26/8/2022), pelaku UMKM kesusahan mendapatkan stok barang karena banyak produsen lokal yang kesulitan memperoleh bahan baku, sehingga proses produksi pun terhambat. Kondisi ini terjadi akibat adanya pembatasan kegiatan impor dari negara-negara pemasok bahan baku.

Baca juga: 7 Tips Memilih Lokasi Jualan untuk UMKM

Untungnya perkembangan teknologi telah mampu mengatasi permasalahan tersebut. Sebab, kini hadir beberapa platform untuk membantu pelaku UMKM memenuhi kebutuhan stok barangnya, salah satunya adalah Youtap.

Lewat aplikasi stok barang Youtap, pelaku UMKM bisa menggunakan fitur Belanja Stok.

Dengan fitur Belanja Stok, pelaku usaha bisa dengan mudah belanja kebutuhan usaha atau stok warung dari berbagai supplier dengan harga grosir yang kompetitif.

Baca juga: Mau Usaha Warung di Rumah? Ini Cara Belanja Pangan dengan Harga Grosir

Aplikasi Youtap.DOK. Humas Youtap Aplikasi Youtap.

1. Membuka peluang baru antara satu pelaku usaha

Melalui layanan Belanja Stok, Youtap tidak hanya menawarkan kemudahan belanja grosir online dari mitra supplier, tetapi juga menghubungkan dan membuka peluang baru antarpelaku usaha.

Sebagai aplikasi belanja grosir, Youtap memberikan fasilitas dan menawarkan rantai pasok baru yang saling memberdayakan antar pelaku usaha.

2. Menghemat waktu belanja

Dengan fitur Belanja Stok, pelaku usaha tidak perlu lagi keluar rumah maupun menutup toko saat berbelanja kebutuhan barang usaha.

Pelaku usaha dapat menghemat waktu belanja dan menyederhanakan proses pengelolaan usaha mereka secara efisien.

Tak hanya itu, pelaku usaha juga bisa memilih waktu untuk menyetok barang secara berlangganan agar bisa diantar setiap satu kali dalam seminggu atau sesuai kebutuhan.

Baca juga: Pelaku Usaha Bengkel UMKM Tolak Pembatasan Pertalite dan Solar

3. Harga yang ditawarkan sangat bersaing

Selain efisien, harga yang ditawarkan dalam portal Belanja Stok pun sangat bersaing. Pelaku usaha tidak perlu terbebani dengan ongkos kirim karena semuanya gratis. Hal ini diyakini akan semakin menguntungkan pelaku usaha.

Terlebih lagi, pelaku usaha dapat sekaligus melakukan pencatatan transaksi belanja dengan penggunaan Belanja Stok dari Youtap. Dengan begitu, riwayat belanja barang pun dapat direkap secara lengkap dan rapi di dalam satu sistem..

Cara menggunakan fitur Belanja Stok

Belanja Stok dengan mudah dapat diakses melalui aplikasi Youtap POS maupun Portal Usaha.

Apabila ingin memesan, pelaku usaha dapat membeli produk belanja secara langsung dari supplier yang sudah bergabung dengan Youtap.

Di fitur tersebut, sudah tersedia beragam produk dari berbagai kategori, seperti makanan, minuman, dan lainnya yang disediakan oleh mitra strategis Youtap.

Baca juga: 11 Tips Ampuh Promosikan Produk UMKM Lewat Youtube

Ada beragam mitra strategis yangtelah bekerja sama dengan Youtap, seperti SOSRO, JAPFA Best Meat, Dima, Borong dan banyak lagi.

Semua pelaku usaha yang telah bergabung dengan Youtap dapat dengan mudah langsung masuk ke layanan Belanja Stok dan pilih produk yang diinginkan.

Setelah memilih produk, pelaku usaha bisa melakukan pembayaran langsung menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dompet digital atau melalui virtual account yang telah terhubung dengan Youtap.

Produk yang sudah dipesan juga akan dikirim oleh pihak supplier langsung ke alamat yang sudah didaftarkan.

Dengan cara praktis ini, pelaku usaha tidak lagi perlu meninggalkan tempat usaha saat membeli produk yang dibutuhkan untuk mengembangkan usahanya.

Baca juga: 6 Langkah Sukses Buka Cabang Usaha Baru

Tak hanya itu, pelaku usaha terutama yang akan memulai usaha baru juga bisa menikmati berbagai tawaran menarik dari mitra strategis Youtap, salah satunya berupa Paket Usaha.

Paket Usaha menawarkan beragam paket berjualan menarik yang bisa menghemat belanjaan pelaku usaha hingga 70 persen untuk produk yang telah disiapkan.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera unduh aplikasi Youtap melalui Google Play atau App Store dan dapatkan berbagai kemudahan dalam mengembangkan usaha Anda.

PenulisDwi Nur Hayati
EditorAmalia Purnama Sari
SumberKompas.id
Terkini Lainnya
Lewat Fitur CPM, Youtap Pelopori Pembayaran Digital Indonesia
Lewat Fitur CPM, Youtap Pelopori Pembayaran Digital Indonesia
Solusi Digital UMKM
Pedagang Kesulitan Dapat Stok Barang untuk Jualan? Ini Solusinya
Pedagang Kesulitan Dapat Stok Barang untuk Jualan? Ini Solusinya
Solusi Digital UMKM
Youtap Dukung UMKM Kelola Bisnis On The Go lewat Youtap Pos
Youtap Dukung UMKM Kelola Bisnis On The Go lewat Youtap Pos
Solusi Digital UMKM
Pengguna QRIS Melejit, Youtap Jadi POS Nomor Satu Paling Diminati UMKM untuk Terima Pembayaran Nontunai
Pengguna QRIS Melejit, Youtap Jadi POS Nomor Satu Paling Diminati UMKM untuk Terima Pembayaran Nontunai
Solusi Digital UMKM