Dorong Performa UMKM, ShopeePay Hadirkan Kampaye 12.12 Birthday Deals

Kompas.com - 25/11/2021, 18:37 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

ShopeePay Talk edisi spesial ShopeePay 12.12 Birthday Deals menghadirkan (ki-ka) CEO TEGUK Maulana Hakim, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay Eka Nilam Dari, serta Brand Activist - Penggiat Brand Lokal Arto Biantoro.
DOK. Humas ShopeePay ShopeePay Talk edisi spesial ShopeePay 12.12 Birthday Deals menghadirkan (ki-ka) CEO TEGUK Maulana Hakim, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay Eka Nilam Dari, serta Brand Activist - Penggiat Brand Lokal Arto Biantoro.

 

KOMPAS.com - Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay Eka Nilam Dari mengatakan, pihaknya berupaya mendukung kemajuan usaha mikro kecil dan menengah ( UMKM) melalui sederet program, salah satunya melalui kampanye ShopeePay 12.12 Birthday Deals.

ShopeePay 12.12 Birthday Deals dihadirkan untuk membantu mendorong performa bisnis para pelaku usaha. Sebab, Eka memahami bahwa pandemi Covid-19 telah mengakselerasi digitalisasi bisnis di berbagai industri, termasuk UMKM.

“Pada penghujung 2021, kampanye tanggal cantik kami yaitu ShopeePay 12.12 Birthday Deals kembali hadir dengan lebih meriah,”jelasnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (25/11/2021).

Pernyataan tersebut Eka sampaikan dalam acara ShopeePay Talk edisi spesial ShopeePay 12.12 Birthday Deals dengan menghadirkan Chief Executive Officer (CEO) TEGUK Maulana Hakim dan brand activist lokal Arto Biantoro.

Baca juga: Biaya Admin dan Cara Mengisi Saldo ShopeePay Lewat Virtual Account

Dalam kesempatan itu, Eka berharap, kampanye ShopeePay 12.12 Birthday Deals dapat menjadi hadiah akhir tahun yang akan menghadirkan senyuman bagi UMKM dan para pengguna dalam memenuhi kebutuhan secara lebih hemat sekaligus meningkatkan transaksi bisnis Tanah Air.

Seperti diketahui, preferensi masyarakat yang kini semakin mengandalkan layanan pembayaran digital dalam memenuhi kebutuhan harian turut mendorong para pelaku UMKM untuk beradaptasi demi bisa terus berkembang.

Hal tersebut tercermin dari semakin tingginya penetrasi layanan pembayaran digital ShopeePay di UMKM sepanjang 2021 yang diklaim meningkat hingga lima lipat dibandingkan dengan tahun 2020.

Pada kampanye ShopeePay 11.11 Big Deals lalu, Eka menjelaskan, ShopeePay melihat pertumbuhan yang sangat signifikan dari UMKM yang berpartisipasi.

Baca juga: Promo ShopeePay Terbaru, Ada Voucher Cashback 100 Persen

“ShopeePay menemukan bahwa kampanye tanggal cantik seperti ShopeePay 11.11 Big Deals membantu meningkatkan transaksi UMKM,” ucapnya.

Sebanyak tujuh dari sepuluh UMKM yang berpartisipasi, sebut Eka, telah mengalami kenaikan transaksi rata-rata dua kali lipat jika dibandingkan dengan hari biasa.

Tak hanya itu, kampanye ShopeePay 11.11 Big Deals juga turut mengakselerasi pertumbuhan UMKM di wilayah luar Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek).

“Daerah lain seperti Jember, Medan, Lebak, Surabaya, dan Serang merupakan kota dengan pertumbuhan transaksi paling signifikan di sektor UMKM,” ucap Eka.

Baca juga: Dukung UMKM Jabar, Kang Emil Ikut Mendesain dan Pasarkan Produk di Medsos

Momen kebangkitan UMKM

Dengan pertumbuhan transaksi tersebut, tahun 2021 diklaim sebagai momen kebangkitan UMKM Indonesia di tengah gempuran pandemi.

Hal itu juga dibuktikan dengan kembalinya para pelaku UMKM untuk bangkit dan melebarkan sayapnya dalam mengembangkan bisnis.

Kebangkitan UMKM juga didorong berkat semangat inovasi dan adaptasi mereka untuk mengikuti kebutuhan pasar yang dinamis.

Brand activist atau penggiat brand lokal Arto Biantoro mengatakan, digitalisasi menjadi kunci utama yang membantu pelaku UMKM menyokong keberlangsungan bisnis di tengah segala keterbatasan yang ada selama pandemi.

Baca juga: Jaringan Internet Bakti Dinanti UMKM di Wilayah 3T

“Para pelaku UMKM kini semakin berlomba-lomba memaksimalkan penggunaan layanan digital hampir di setiap aspek bisnis agar tetap relevan dengan kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Hal tersebut, lanjut dia, termasuk memperluas kehadiran bisnisnya di media sosial (medsos), menggunakan layanan pesan instan untuk mempermudah komunikasi, mengeksplorasi strategi marketing digital, hingga menyediakan layanan pembayaran digital.

Pada kesempatan yang sama, CEO TEGUK Maulana Hakim mengatakan, pihaknya bisa terus tumbuh walau di tengah gempuran pandemi berkat strategi marketing yang tepat sasaran.

Salah satunya strategi marketing tersebut adalah stimulus berupa promo yang berperan penting dalam pertumbuhan bisnis TEGUK di tahun 2021.

Baca juga: Strategi Marketing Baru ala TikTok di Era New Normal

“Hal ini juga nampak pada kampanye ShopeePay 11.11 Big Deals kemarin yang telah berkontribusi menarik ribuan pelanggan baru untuk TEGUK,” ucap Maulana.

Untuk itu, sebut dia, pihaknya merasa sangat bersemangat menyambut kampanye ShopeePay 12.12 Birthday Deals yang pastinya makin meriah.

Keikutsertaan TEGUK juga merupakan salah satu bentuk apresiasi bagi seluruh Sobat Peneguk yang setia mendukung brand waralaba minuman ini untuk terus menemani masyarakat Indonesia dalam tiap rasa.

“Sebagai salah satu UMKM yang berpartisipasi, TEGUK turut menyambut baik kampanye ShopeePay 12.12 Birthday Deals yang diharapkan dapat semakin mengakselerasi performa bisnis di momen akhir tahun 2021,” imbuh Maulana.

Baca juga: ShopeePay Tawarkan Diskon Hingga 75 Persen, Ini Promonya

Penawaran terbaik di ShopeePay 12.12 Birthday Deals

Perlu diketahui, ShopeePay merupakan layanan pembayaran digital yang berkomitmen mendorong akses digitalisasi finansial bagi pelaku bisnis dan konsumen di seluruh Indonesia.

Oleh karenanya, lewat ShopeePay 12.12 Birthday Deals, situs belanja online berlogo oranye ini diharapkan semakin menstimulasi pertumbuhan UMKM. Ini sekaligus menjadi bentuk apresiasi ShopeePay atas dukungan dan peran aktif masyarakat bagi perkembangan bisnis Tanah Air.

Kampanye ShopeePay 12.12 Birthday Deals sendiri akan berlangsung mulai Minggu (28/11/2021) hingga Selasa (14/12/2021) dengan sederet promo dan penawaran spesial.

Tak hanya itu, pada kemeriahan momen akhir tahun ini, pengguna dapat menikmati penawaran terbaik di ratusan merchants dari berbagai kategori sebagai bentuk reward kepada diri sendiri dan keluarga serta kerabat tercinta.

Baca juga: Integrasikan Layanan, Merchants Cukup Punya Satu EDC Bank BUMN

Adapun berbagai promo spesial yang bisa dimanfaatkan pengguna, yaitu, pertama Voucher Cashback 100 persen.

Dengan Voucher Cashback 100 persen, pengguna dapat berbelanja di ratusan merchant pilihan jadi lebih hemat selama periode ShopeePay 12.12 Birthday Deals.

Kedua, Indomaret Murah Rp 1. Pengguna dapat menikmati diskon untuk produk Indomaret favorit dengan cara membeli voucher diskon di fitur Deals Sekitarmu pada aplikasi Shopee seharga hanya Rp 1.

Ketiga, Flash Sale Rp 1. Dengan promo ini, pengguna akan mendapatkan nominal cashback lebih besar dari Voucher Cashback 100 persen yang bisa dibeli seharga Rp 1 saja pada jam-jam tertentu.

Baca juga: Promo ShopeePay Terbaru, Ada Voucher Cashback 100 Persen

Flash Sale Rp 1 berlangsung sebanyak tiga setiap harinya dan tujuh kali sehari khusus pada Rabu (1/12/2021) dan Rabu (8/12/2021).

Selain mendapatkan sederet keuntungan, pengguna juga bisa turut mendukung pertumbuhan bisnis lokal favorit, seperti Baso Aci Juara, Janji Jiwa, Traffic Bun, Mangkokku, Eatlah, Kokumi, Alodokter, BLP Beauty, Aurum Lab, Yogya Online, Zenius, tanamduit, dan ratusan merchant favorit lainnya.

Lebih spesial lagi, pada hari puncak pada Minggu (12/12/2021) mendatang, pengguna bisa menikmati beragam promo yang lebih meriah, seperti ShopeePay Deals Rp 1, Indomaret Murah Rp 1, hingga Flash Sale Rp 1.

ShopeePay berharap, sederet penawaran spesial bersama ratusan UMKM yang berpartisipasi di kampanye ShopeePay 12.12 Birthday Deals dapat semakin mendorong pertumbuhan bisnis lokal.

Baca juga: Tingkatkan Transaksi Nontunai, ShopeePay Gelar Sederet Promo Menarik

Dari kampanye itu, UMKM juga bisa memperoleh manfaat visibilitas yang lebih luas, sehingga dapat menjangkau konsumen baru serta memperkuat hubungan dengan pelanggan setia.

Selain menjangkau konsumen, ShopeePay berharap dapat membantu meningkatkan kunjungan di gerai offline guna mendukung perkembangan merchant yang terdampak.

Tidak dapat dipungkiri, situasi pandemi turut berdampak pada penurunan kunjungan di gerai offline.

Melalui kampanye spesial seperti ShopeePay 12.12 Birthday Deals, pengguna dapat menikmati Voucher Cashback 100 persen saat berbelanja di ratusan merchants favorit, seperti Auntie Anne's, Sour Sally, SaladStop!, Solaria, Es Teler 77, hingga Nanny's Pavillon.

Baca juga: Terobosan Baru, EVOS Luncurkan Merchant Makanan Bernama Makbar

Melalui fitur Deals Sekitarmu, pengguna dapat mencari dan menemukan beragam penawaran menarik yang ada di sekitar. Selain itu, fitur ini juga bisa membantu merchant menarik lebih banyak konsumen untuk berbelanja di gerai offline.

Melengkapi kemeriahan momen akhir tahun, pengguna juga bisa menikmati beragam promo dari Shopee 12.12 Birthday Sale yang berlangsung hingga Minggu (12/12/2021), mulai dari Tanam ShopeePay 12M, Gratis Ongkir XTRA Lebih Banyak, dan Pasti Diskon 50 persen.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai promo dan kemeriahan ShopeePay 12.12 Birthday Deals, pengguna dapat mengunjungi laman dan klik di sini.

Bagi yang belum memiliki aplikasi aplikasi Shopee, maka bisa mengunduhnya secara gratis melalui App Store atau Google Play dan segera aktifkan ShopeePay.

 Baca juga: Gratis Ongkir dan Pengiriman Cepat Jadi Pertimbangan Pelanggan Blibli Berbelanja

Terkini Lainnya
Teman Belum Transfer Patungan? Coba Trik Yuki Kato dan Febby Rastanty Ini
Teman Belum Transfer Patungan? Coba Trik Yuki Kato dan Febby Rastanty Ini
Transaksi Aman dan Nyaman
3 Strategi Kunci Co-Branding ala ShopeePay
3 Strategi Kunci Co-Branding ala ShopeePay
Transaksi Aman dan Nyaman
Dukung Masyarakat Makin Produktif, ShopeePay Luncurkan Fitur Transfer ke Bank Gratis Tanpa Batas
Dukung Masyarakat Makin Produktif, ShopeePay Luncurkan Fitur Transfer ke Bank Gratis Tanpa Batas
Transaksi Aman dan Nyaman
Perempuan Indonesia, Ini 4 Cara Eksplorasi Potensi Diri lewat Medsos
Perempuan Indonesia, Ini 4 Cara Eksplorasi Potensi Diri lewat Medsos
Transaksi Aman dan Nyaman
Tinggalkan Kejenuhan, Ini 3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memulai Hal Baru
Tinggalkan Kejenuhan, Ini 3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memulai Hal Baru
Transaksi Aman dan Nyaman
Dari Konten Turun ke Hati, Ini Cara Brand Terkenal Buat Konten yang Memikat Konsumen
Dari Konten Turun ke Hati, Ini Cara Brand Terkenal Buat Konten yang Memikat Konsumen
Transaksi Aman dan Nyaman
3 Tips Sukses Bisnis Kopi Cepat Saji ala Wani Kopi
3 Tips Sukses Bisnis Kopi Cepat Saji ala Wani Kopi
Transaksi Aman dan Nyaman
5 Tips Manfaatkan Smartphone untuk Jaga Kesehatan
5 Tips Manfaatkan Smartphone untuk Jaga Kesehatan
Transaksi Aman dan Nyaman
4 Inspirasi Kencan Kopdar dari Film yang Bisa Bikin “Doi” Terkesan
4 Inspirasi Kencan Kopdar dari Film yang Bisa Bikin “Doi” Terkesan
Transaksi Aman dan Nyaman
Ingin Luluhkan Hati Gebetan? Intip 4 Tips PDKT Online dari Joshua Suherman
Ingin Luluhkan Hati Gebetan? Intip 4 Tips PDKT Online dari Joshua Suherman
Transaksi Aman dan Nyaman
3 Strategi Pengusaha Bangun Hobi Jadi Sumber Cuan
3 Strategi Pengusaha Bangun Hobi Jadi Sumber Cuan
Transaksi Aman dan Nyaman
Bantu UMKM di Semarang, ShopeePay Hadirkan Program “Semangat UMKM Lokal”
Bantu UMKM di Semarang, ShopeePay Hadirkan Program “Semangat UMKM Lokal”
Transaksi Aman dan Nyaman
Strategi Sukses Soto Angkring Mas Boed, Eksis hingga 15 Tahun
Strategi Sukses Soto Angkring Mas Boed, Eksis hingga 15 Tahun
Transaksi Aman dan Nyaman
Ajak Masyarakat Lebih Peka, ShopeePay Bagikan 4 Tips Manfaatkan Hal Sederhana di Sekitar
Ajak Masyarakat Lebih Peka, ShopeePay Bagikan 4 Tips Manfaatkan Hal Sederhana di Sekitar
Transaksi Aman dan Nyaman
Kisah Sukses Pie Susu Dhian, dari Niat Buka Lapangan Kerja hingga Jualan 10.000 Pie Susu Per Hari
Kisah Sukses Pie Susu Dhian, dari Niat Buka Lapangan Kerja hingga Jualan 10.000 Pie Susu Per Hari
Transaksi Aman dan Nyaman

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke