Direktur Kredit Pintar Ungkap Pentingnya Inovasi untuk Keberlangsungan Perusahaan Fintech

Kompas.com - 14/04/2022, 13:26 WIB
A P Sari,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

Direktur PT Kredit Pintar Wisely Wijaya percaya bahwa inovasi dapat membantu perusahaan fintech bergerak lebih cepat.DOK. Kredit Pintar Direktur PT Kredit Pintar Wisely Wijaya percaya bahwa inovasi dapat membantu perusahaan fintech bergerak lebih cepat.

KOMPAS.com – Inovasi merupakan salah satu proses penting bagi pengembangan dan pertumbuhan perusahaan, terutama bagi industri financial technology ( fintech) yang semakin berkembang di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Direktur PT Kredit Pintar Indonesia, Wisely Wijaya. Menurutnya, perusahaan fintech memerlukan inovasi agar bisa berlari cepat.

Sebagai pemimpin perusahaan fintech lending, Wisely melihat secara makro kemunculan jasa keuangan digital telah menjadi inovasi baru yang memberikan solusi finansial bagi masyarakat.

“Ketika kebiasaan masyarakat mulai beralih dari yang sebelumnya melakukan pinjaman secara konvensional dengan datang ke bank, kini cukup menggunakan platform digital dengan berbagai fitur, kemudahan, dan waktu yang singkat,” kata Wisely, dikutip dari keterangan persnya, Jumat (8/4/2022).

Baca juga: Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan, Dijamin Cuan!

Ia melanjutkan, Kredit Pintar selalu mengusung misi untuk meningkatkan inklusivitas keuangan melalui teknologi yang bertanggung jawab.

“Lalu visi kami adalah menjadi merek layanan keuangan digital paling terpercaya di Indonesia serta memberikan pinjaman yang bertanggung jawab,” ujarnya.

Hal itu, lanjut dia, salah satunya diwujudkan melalui skema kemitraan publik-swasta yang lebih besar melalui kerja sama dengan pemerintah untuk memberikan dukungan permodalaan bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Wisely berujar, Kredit Pintar dituntut untuk bertindak cepat, lincah, dan responsif ketika melahirkan produk. Hal ini dilakukan karena mengikuti nature of work perusahaan-perusahaan fintech.

Baca juga: Tertarik Buka Bisnis Sampingan, Berikut 3 Rekomendasinya

“Jika di dunia keuangan konvensional membutuhkan waktu tahunan, kami hitungannya bisa berupa bulanan atau mingguan. Namun, semua itu juga membutuhkan riset awal yang valid, sehingga inovasi yang dilahirkan dapat diterima baik oleh pasar,” ujarnya.

Berkat tekad untuk berinovasi, Kredit Pintar pun berhasil unggul dibandingkan dengan sejumlah kompetitor fintech lending di Indonesia.

Berdasarkan riset yang dilakukan Kredit Pintar bekerja sama dengan Agency Milieu, Wisely mengatakan, produk Kredit Pintar lebih unggul karena dapat memenuhi kebutuhan konsumen dalam proses pencairan cepat, mudah digunakan, serta kebijakan privasi yang lebih baik.

Selain itu, dia melanjutkan, Kredit Pintar juga memberikan suku bunga rendah sesuai dengan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan ( OJK) dan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Baca juga: Tidak Sembarangan, Ini Bisnis yang Cocok untuk Pemula

“Kami juga menghapuskan biaya administrasi pada awal pengajuan pinjaman untuk meningkatkan kepercayaan, keamanan, serta keterjangkauan pinjaman konsumen digital,” imbuhnya.

Adapun berkat inovasi yang dilakukan, Kredit Pintar kini berhasil menjelma menjadi salah satu aplikasi pinjaman online terbaik di Indonesia, 

Buktinya, aplikasi Kredit Pintar yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali dengan nilai kepuasan pelanggan di Google Play Store sebesar 4.4.

Selain itu, Kredit Pintar yang telah berdiri sejak 2017 telah melayani lebih dari 7 juta masyarakat dengan lebih dari 800.000 peminjam aktif dari seluruh Indonesia.

Baca juga: Tips Melakukan Manajemen Keuangan Keluarga pada Akhir Bulan

“Kami (telah) berhasil menyalurkan pinjaman lebih dari Rp 25,3 triliun. Market share berdasarkan riset internal bekerja sama dengan Agency Milieu menempatkan Kredit Pintar pada posisi teratas untuk kategori fintech dengan layanan digital lending murni,” papar Wisely.

Pada 2022, Kredit Pintar kembali membawa pulang penghargaan Top Brand dari Frontier Group. Penghargaan ini didasarkan pada survei nasional yang diadakan setiap tahun.

Wisely mengatakan, pihaknya merasa terhormat dengan penyematan Top Brand Award dengan kategori “Online Financing” yang diberikan Frontier Group.

Menurutnya, Frontier Group adalah otoritas terkemuka dalam indikator kinerja merek di Indonesia.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Keluarga yang Efektif Selama Pandemi Covid-19

“Kami merasa tersanjung dengan pengakuan ini. Pandemi Covid-19 telah benar-benar mempercepat kebutuhan untuk meningkatkan inklusi keuangan kepada para konsumen dan pelaku usaha kecil yang underbanked dan underserved,” katanya.

Ia pun mengungkapkan kegembiraannya ketika Kredit Pintar dapat membantu mendukung perekonomian Tanah Air selama masa pandemi, terutama di kota-kota dengan tier 2 dan tier 3 di seluruh Indonesia.

Inovasi Kredit Pintar

Selain memberikan layanan pinjaman online, Kredit Pintar terus berinovasi untuk menyediakan berbagai macam layanan.

Berbagai layanan tersebut, mulai dari pengisian pulsa, pembayaran tagihan, hingga fitur Skor Pintar yang bisa digunakan untuk mengecek skor kredit pelanggan.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Rp 3 Juta

“Berbagai inovasi itu baru kami luncurkan pada 2021 lalu,” terang Wisely.

Di samping itu, kata dia, Kredit Pintar juga telah meluncurkan fitur aplikasi seluler baru pada 2022 untuk meningkatkan literasi keuangan.

“Kredit Pintar turut membagikan berbagai tips untuk mencegah penipuan dan menemukan pemberi pinjaman online ilegal atau palsu,” katanya.

Informasi dan tips itu dituangkan melalui Forum Pintar Discover, blog Kredit Pintar, media massa, forum publik, kemitraan dengan perguruan tinggi, serta jangkauan media sosial.

“Kami juga secara rutin melakukan kunjungan dan sosialisasi ke lebih dari 20 wilayah dari Medan hingga Jayapura, menyasar lebih dari 2.000 orang setiap kunjungannya,” kata Wisely.

Baca juga: Dana Darurat, Mengapa Penting Dimiliki Keluarga?

Meski punya banyak inovasi yang sudah diluncurkan, Wisely mengaku bahwa pihaknya akan terus berkreasi dengan produk atau layanan baru pada 2022.

“Untuk detailnya kami belum bisa berikan. Ke depan kami juga akan lebih banyak berkolaborasi dengan partner-partner lain untuk memperluas inklusivitas keuangan Indonesia,” ujarnya.

Sekilas tentang Kredit Pintar

Kredit Pintar merupakan salah satu platform penyedia layanan pinjaman uang berbasis teknologi informasi terkemuka di Indonesia yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Saat ini, Kredit Pintar telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna Google Play Store dengan total peminjam 7.002.503 orang dan peminjam aktif sebanyak 856.242 orang.

Baca juga: Hati-hati Penipuan Pinjaman Online, Simak Cara Menghindarinya

Perusahaan yang berdiri pada 2017 ini merupakan bagian dari Atome Financial, yakni perusahaan fintech terkemuka dengan pengalaman luas di bidang keuangan konsumen digital.

Atome Financial dan Kredit Pintar selalu berkomitmen untuk mempromosikan inklusivitas keuangan melalui teknologi artificial intelligence (AI).

Adapun total dana pinjaman yang sudah dikeluarkan Kredit Pintar sejak didirikan sebesar Rp 25.399.752.284.998. Total pinjaman yang berhasil dikeluarkan pada 2022 sebesar Rp 1.533.347.700.000 dengan jumlah pinjaman belum dibayar sebanyak Rp 1.835.746.026.704.

Pada Januari 2022, Kredit Pintar mendapatkan penghargaan dari Dunia Fintech Awards sebagai startup dengan kontribusi besar dalam "Mengangkat Kesejahteraan Masyarakat di Era Pandemi Melalui Financial and Technology".

Baca juga: Pinjaman Online Akan Dikenakan Pajak

Kontribusi Kredit Pintar dalam menopang perekonomian masyarakat yang terdampak pandemi turut diapresiasi dengan predikat "Fintech Dana Tunai Terbaik".

Baru-baru ini, Kredit Pintar dianugerahi “Top Brand Award 2022” dalam kategori “Online Financing”.

Penghargaan itu diselenggarakan perusahaan riset dan konsultasi pasar terkemuka di Indonesia, Frontier Group dengan menggandeng Majalah Marketing.

Top Brand Award dipilih berdasarkan hasil survei independen (TBI) yang dilakukan dengan mensurvei lebih dari 2.000 merek di Indonesia.

Survei yang muncul pada 2000 tersebut melibatkan ribuan responden dan dilangsungkan secara serentak di 15 kota besar di seluruh Indonesia. Kriteria penilaiannya, meliputi mindshare, market share, dan commitment share.

Baca juga: Daftar 102 Pinjaman Online Terdaftar dan Berizin OJK

Terkini Lainnya
Ketahui Bahaya Joki Pinjol dan Risiko Gagal Bayar Pinjol
Ketahui Bahaya Joki Pinjol dan Risiko Gagal Bayar Pinjol
Pintar Bersama
Perlu Tahu, Ini Cara Menghemat Pengeluaran Jelang Lebaran
Perlu Tahu, Ini Cara Menghemat Pengeluaran Jelang Lebaran
Pintar Bersama
Cara Mengatur Keuangan agar Tidak Bokek Pasca-Lebaran
Cara Mengatur Keuangan agar Tidak Bokek Pasca-Lebaran
Pintar Bersama
Salam Tempel, Tradisi Bagi-bagi Uang Saat Lebaran
Salam Tempel, Tradisi Bagi-bagi Uang Saat Lebaran
Pintar Bersama
Ide Bisnis Menjanjikan Jelang Lebaran yang Datangkan Cuan
Ide Bisnis Menjanjikan Jelang Lebaran yang Datangkan Cuan
Pintar Bersama
6 Cara Mengatur Uang THR agar Tak Hanya Numpang Lewat di Rekening
6 Cara Mengatur Uang THR agar Tak Hanya Numpang Lewat di Rekening
Pintar Bersama
Kenali Bahaya Skema “Gali Lubang Tutup Lubang” Pinjol Ilegal
Kenali Bahaya Skema “Gali Lubang Tutup Lubang” Pinjol Ilegal
Pintar Bersama
Ingin Cuan Saat Ramadhan? Coba Inspirasi 6 Usaha Berikut
Ingin Cuan Saat Ramadhan? Coba Inspirasi 6 Usaha Berikut
Pintar Bersama
Direktur Kredit Pintar Ungkap Pentingnya Inovasi untuk Keberlangsungan Perusahaan Fintech
Direktur Kredit Pintar Ungkap Pentingnya Inovasi untuk Keberlangsungan Perusahaan Fintech
Pintar Bersama
Hati-hati Penipuan Pinjaman Online, Simak Cara Menghindarinya
Hati-hati Penipuan Pinjaman Online, Simak Cara Menghindarinya
Pintar Bersama
Cara Mengatur Keuangan Keluarga yang Efektif Selama Pandemi Covid-19
Cara Mengatur Keuangan Keluarga yang Efektif Selama Pandemi Covid-19
Pintar Bersama
Dana Darurat, Mengapa Penting Dimiliki Keluarga?
Dana Darurat, Mengapa Penting Dimiliki Keluarga?
Pintar Bersama
Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Rp 3 Juta
Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Rp 3 Juta
Pintar Bersama
Tips Melakukan Manajemen Keuangan Keluarga pada Akhir Bulan
Tips Melakukan Manajemen Keuangan Keluarga pada Akhir Bulan
Pintar Bersama
Tidak Sembarangan, Ini Bisnis yang Cocok untuk Pemula
Tidak Sembarangan, Ini Bisnis yang Cocok untuk Pemula
Pintar Bersama

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke